Posyandu Serentak Se-Desa Kedok Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

  • Jan 26, 2024
  • ANDIK PRASETYO
Lokasi Kegiatan: Posko Posyandu
Tanggal Kegiatan: Jan 19, 2024

Kedok, 19 Januari 2024

Desa Kedok tidak hanya menjadi saksi, tetapi juga bagian dari upaya besar Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dalam melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak. Program ini mencakup seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, yang dimulai dari hari Senin, 15 Januari 2024.

Kegiatan PIN Polio ini dilaksanakan di 9 posyandu yang ada di Desa Kedok, 2 berada di Dusun Krajan, 2 lagi berada di Dusun Rekesan, 3 berada di Dusun Kidul, dan 2 berada di Dusun Sumbergong. Kegiatan ini adalah bagian dari upaya nasional untuk memberikan imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) kepada sekitar 8,4 juta anak balita. Rincian target meliputi 4,4 juta anak di Provinsi Jawa Timur, 3,9 juta anak di Provinsi Jawa Tengah, dan 149 ribu anak di Kabupaten Sleman. Sub PIN Polio ini dijadwalkan berlangsung selama sepekan, dengan diikuti oleh sweeping selama 5 hari untuk memastikan seluruh target tercapai.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan Sub PIN Polio ini menargetkan anak usia balita tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Artinya, meskipun status imunisasi anak sudah lengkap, mereka tetap harus mengikuti program Sub PIN Polio demi menciptakan kekebalan yang lebih kuat terhadap polio.

Kegiatan PIN Polio ini dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan 11.00, dimana seluruh pos posyandu ramai didatangi